Direktorat
AP2SC UNIKOM

UNIKOM Light (Lecture In Global Insight) Series – 5: “Supervised or Unsupervised of Your Project”
Berita
Rabu, 21 Februari 2024

BANDUNG, UNIKOM -  Direktorat Aplikasi Pengembangan, Pelatihan & Service Center (AP2SC) kembali melaksanakan UNIKOM LIGHT (Lecture in Global Insight) Series yang ke-5 yang digelar pada hari Senin, 12 Februari 2024. Hadir selaku keynote speaker, Prof. Spits Warnars Harco Leslie Hendric, S.Kom., M.T.I., Ph.D., dari Universitas Bina Nusantara (BINUS University).

UNIKOM Lecture in Global Insight (LIGHT) Series merupakan kegiatan seminar Guest Lecture atau pemaparan kuliah umum dengan mengundang dosen tamu atau praktisi, baik dari dalam maupun luar negeri. Diawali series pertamanya yang digelar pada tanggal 16 Mei 2023 dengan menghadirkan Dr. Thomas Chocole dari University of West Bohemia yang mengusung tema “Cooperation of Designer & Engineers (Best Practice & Case Studies)”, saat ini UNIKOM LIGHT Series telah diselenggarakan sebanyak 5 kali dengan tema dan keynote speaker yang bervariasi.


Sekira 300 peserta yang terdiri atas mahasiswa, dosen, dan peserta umum yang berasal dari dalam dan luar UNIKOM, mengikuti kuliah umum yang digelar secara daring melalui zoom meeting dengan tema “Supervised or Unsupervised of Your Project”.

Pada paparan materinya, Prof. Spits mengungkapkan, “ketika kita bicara penerapan sebuah Sistem Informasi pasti membutuhkan teknologi. Teknologi yang digunakan salah satunya adalah algoritma. Jadi ketika kita bicara supervise, berarti ada keterlibatan human di dalamnya. Artinya, kita coba melakukan pengaturan, atau labeling. Jadi, analoginya sebenarnya sangat simple. Kita harus punya datanya dulu apa yang mau kita cari permasalahan dalam data tersebut, lalu kita lakukan klasifikasi”.

Pada akhir diskusi, Prof. Spits memberikan tips dalam memilih metode yang akan digunakan dalam penelitian, kita harus melihat penelitian-penelitian sebelumnya. Intinya, jika kita bicara konsep Supervised atau Unsupervised pada proyek anda; Untuk melakukan klasifikasi, maka kita harus melihat bentuk-bentuk lasering atau regresi. Sedangkan data time series digunakan untuk memprediksi. “Setiap data memiliki makna yang harus kita pahami terlebi dahulu, dan untuk mendapatkan hasil yang valid, tahapan-tahapan pengolahan data tidak boleh dilewatkan”, demikian pungkasnya.


Antusias peserta tampak dari banyaknya pertanyaan yang kemudian dijawab secara komprehensif oleh narasumber. Sesi diskusi berlangsung interaktif dengan dipandu oleh Kaprodi Teknik Informatika - S1, Hanhan Maulana, M.Kom., Ph.D. selaku moderator. Usai sesi diskusi, rangkaian acara ditutup dengan foto bersama guna dokumentasi.


Direktur AP2SC UNIKOM, Bobi Kurniawan, S.T., M.Kom., menyatakan bahwa kegiatan UNIKOM LIGHT Series dilaksanakan dengan tujuan untuk mengupdate ilmu dan pengetahuan dalam mendukung kegiatan-kegiatan UNIKOM di tingkat internasional untuk kebutuhan Akreditasi Program Studi, Fakultas, maupun di tingkat Universitas.  Ia berharap, kegiatan tersebut dapat membantu akreditasi baik di tingkat Universitas, Fakultas, maupun Program Studi, khususnya pada poin kegiatan internasional di UNIKOM menuju World Class University (WCU). (Direktorat Hms & Pro)