Direktorat
AP2SC UNIKOM

Direktorat AP2SC Gelar Sosialisasi Turnitin bagi Pengelola Jurnal di Lingkungan UNIKOM
Berita
Rabu, 06 Desember 2023

BANDUNG, UNIKOM – Publikasi ilmiah berbentuk Jurnal hasil penelitian merupakan hal yang sangat penting untuk pengembangan ilmu pengetahuan demi kemajuan suatu bangsa. Sebagai bagian dari masyarakat ilmiah, dosen dan mahasiswa diharapkan dapat terus berkontribusi aktif dalam peningkatan publikasi ilmiah di Indonesia.

Jurnal merupakan media bagi sivitas akademika dalam meningkatkan kemampuan dalam hal pengembangan keilmuan. Adanya jurnal ilmiah terakreditasi menjadi media yang perlu dimiliki oleh suatu perguruan tinggi. Di tengah perkembangan dunia yang semakin global dewasa ini, kewibawaan sebuah perguruan tinggi salah satunya dapat dilihat dari adanya jurnal ilmiah yang terakreditasi pada perguruan tinggi tersebut.

Keberagaman jurnal ilmiah, kualitas jurnal yang terrepresentasikan pada akreditasi yang telah diraih, dan kemudahan akses menjadikan sebuah nilai tersendiri bagi penggunanya, sehingga jurnal tersebut akan banyak diakses. Hal ini akan bermuara pada branding sebuah perguruan tinggi, khususnya terkait dengan pengelolaan jurnal ilmiah yang dimilikinya.

Saat ini UNIKOM telah memiliki 34 jurnal nasional dan 10 jurnal internasional. Sebagian besar diantaranya telah terakreditasi SINTA. Terkait dengan tata kelola jurnal yang ada di perguruan tinggi, plagiasi merupakan perilaku tidak terpuji yang harus dihindari terutama di kalangan sivitas akademika. Kesadaran atas pentingnya bebas plagiasi di lingkungan pendidikan tinggi saat ini mulai meningkat. Salah satu upaya tersebut adalah mendeteksi similaritas karya ilmiah yang dihasilkan sivitas akademika melalui aplikasi “turnitin”. Turnitin sendiri merupakan salah satu perangkat lunak berbayar yang dapat digunakan untuk memeriksa “kemiripan” suatu karya ilmiah, skripsi, ataupun makalah yang dibuat.  Sehingga para pengelola jurnal dapat menseleksi artikel yang masuk, dalam upaya menjaga kualitas artikel yang dimuat pada jurnalnya masing-masing, agar terhindar dari plagiasi.

Rabu, 15 November 2023, Direktorat Aplikasi Pengembangan Pelatihan dan Service Center (AP2SC) telah menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Turnitin bagi seluruh pengelola jurnal di lingkungan UNIKOM, bertempat di Laboratorium 11010 Lantai 11 Smart Building UNIKOM.

Direktur AP2SC, Bobi Kurniawan S., S.T., M. Kom., dalam sambutan pembukanya berpesan kepada seluruh peserta agar dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk sharing pengalaman, dan menyampaikan persoalan yang dihadapi berkaitan dengan penggunaan alat pendeteksi similaritas tersebut. “Semoga setalah mengikuti sosialisasi dan pelatihan tersebut, tata kelola jurnal di lingkungan UNIKOM akan semakin baik dalam hal manajerial maupun substansi artikel, sehingga akan berimbas pada peningkatan skor akreditasi jurnal yang ada”, pungkas Bobi. (Direktorat Hms & Pro).